Tinjauan Etika Bisnis Terhadap Persaingan Antara Produsen Tahu di Kampong Blok VI Aceh
Abstract
Penelitian ini membahas masalah tinjauan etika bisnis Islam terhadap persaingan antara produsen tahu di desa Blok VI Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan persaingan produsen tahu bagai menganalisis bagaimana tinjauan etika bisnis terhadap hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu riset yang bersifat deskriptif, pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Keadaan produsen tahu di desa Blok VI Kecamatan adalah kadang-kadang saling menjatuhkan sesama produsen, ada yang bersaing secara sehat terhadap produk dan ada juga yang tidak bersaing secara sehat, serta kadang-kadang ada produsen yang sengaja menjatuhkan harga. Bentuk masalah persaingan usaha antar produsen tahu di desa Blok VI masalah persaingan produk, masalah persaingan harga, dan masalah persaingan pemasaran. Jika melihat etika bisnis Islam terhadap praktik persaingan antar produsen tahu di desa Blok VI Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil adalah sebagian ada yang sudah sesuai dengan etika bisnis Islam dan sebagian ada juga yang tidak sejalan dengan etika bisnis Islam
Downloads
References
Baidowi, A. (2016). Etika bisnis perspektif islam. Jurnal Hukum Islam.4(2), 40-52.
Bakhri, S., & Purnama, L. (2018). Tinjauan Etika Bisnis Islam dalam Strategi Pemasaran Home Industri Tahu Sari Rasa. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 3(2), 284-299.
Budiwati, S. (2018). Akad Sebagai Bingkai Transaksi Bisnis Syariah. Jurnal Jurisprudence, 7(2), 152-159.
Hasan, S. (2020). Praktik Ihtikar Dalam Tinjauan Kritik Etika Bisnis Syariah. Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law, 1(2), 138-146.
Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi, Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES, 2001.
Mardalis, Metode Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2002.
Miskahuddin, M. (2021). Pekerjaan Mulia dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Ilmiah Al-Mu'ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), 44-58.
Misbach, I. (2017). Perilaku bisnis syariah. Al-Idarah, 5, 33-44.
Nizar, M. (2018). Prinsip Kejujuran Dalam Perdagangan Versi Islam. Jurnal Istiqro, 4(1), 94-102.
Rusdin Pohan, Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Lanarka Publisher, 2007.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.
Rohmati, D., Anggraini, R., & Widiastuti, T. (2018). Maq??id al-shar? ‘ah sebagai landasan dasar ekonomi Islam. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 295-317.
Suwinardi, S. (2019). Langkah sukses memulai usaha. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 14(3), 195-201.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.
P. Joko Subagyo, Metodologi Penelitian Dalam Teori dan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.
Putro, P. U. W., Sulistiyowati, L. N., & Asmike, M. (2021). Pendampingan Manajemen Produk UMKM" Tahu Barokah" Madiun. ABDIMASKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 246-253.
Winarno Surachmad, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
Yahya, A. B. (2020). Etika Bisnis (Perilaku) Bisnis Rasulullah SAW Sebagai Pedoman Berwirausaha. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Media Ilmu Syari'ah dan Ahwal Syakhsiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.