Praktik Jual Beli Paksaan di Objek Wisata Religi Batu Ampar Pamekasan Madura Studi Analisis Maqosid Syariah

Authors

  • Adisti Putri Amelia Universitas Trunojoyo Madura
  • Shofiyun Nahidloh Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.58824/mediasas.v7i2.217

Keywords:

Kerelaan Jual Beli Wistata Religi

Abstract

This study discusses the practice of buying and selling with elements of coercion that occurs in the Batu Ampar religious tourism object, Pamekasan, Madura, from the perspective of maqashid sharia. The problem of this research focuses on how this practice affects justice and the benefit of the parties involved, especially consumers and traders. The buying and selling carried out in the Batu Ampar religious tourism is carried out by peddling its products to tourists from various regions, in a slightly extra way such as urging tourists to buy its products. The purpose of this study is to describe the legal consequences of buying and selling activities carried out by urging prospective buyers with the aim of selling their products. The method used is qualitative. Primary data sources are obtained from local residents and tourist visitors. Secondary data taken from previously existing literature from books, scientific works of the Qur'an, Hadith as confirmation of primary data. This data collection technique is interviews. And literature study analysis. The findings show that the practice of buying and selling at the Batu Ampar religious tourism destination with coercion is not in accordance with the principles of buying and selling in Islam and is flawed in terms of its principles, especially in terms of the willingness of consumers. This practice is not only detrimental to consumers but also. [Penelitian ini membahas praktik jual beli dengan unsur paksaan yang terjadi di objek wisata religi Batu Ampar, Pamekasan, Madura, dalam perspektif maqashid syariah. Masalah penelitian ini berfokus pada bagaimana praktik tersebut memengaruhi keadilan dan maslahat bagi para pihak yang terlibat, khususnya konsumen dan pedagang. jual beli yang dilakukan di wisata religi batu ampar tersebut dilakukan dengan cara menjajahkan jualannya kepada para wisatawan yang berasal dari berbagai daerah, dengan cara yang sedikit ekstra seperti mendesak para wisatawan untuk membeli jualannya Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menndeakripsikan akibat hukum dari aktifitas jual beli yang di lakukan dengan cara mendesak para calon pembeli dengan tujuan supaya dagangannya laku terjual. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data primer dari diperoleh dari pihak warga sekitar dan pengunjung wisata. Data sekunder yang di ambil dari literature- literature yang telah ada sebelumnhya dari buku-buku, karya ilmiah al- Qur'an, Hadits sebagai konfirmasi terhadap data primer. Teknik pengumpulan data ini adalah wawancara. Dan analisis studi Pustaka. Hasil temuan menunjukkan bahwa praktik jual beli di destinasi wisata religi batu ampar dengan paksaan tidak sesuai dengan prinsip jual beli dalam islam dan cacat dalam segi akat akatnya, khususnya dalam aspek kerelaan daripada konsumen. Praktik ini tidak hanya merugikan konsumen tetapi juga menciptakan citra negatif terhadap destinasi wisata religi Batu Ampar].

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad Farroh Hasan, M.SI. Fiqh. 2018. Fiqh Muammalah Dari Klasik Hingga Kontemporer (Teori Dan Praktek). UIN-Maliki Malang Press.

Fatimah, S., & Sugianto, S. (2024). Pengaruh Religius, Kualitas Layanan, Citra Destinasi, dan Wisata Halal Terhadap Minat Wisatawan Muslim. Abdurrauf Social Science, 1(2), 182-200.

Khoerunisa, Firda, Kisanda Midisen, Syukron Mamum, and M H Ainulyaqin. 2024. “Analisis Praktik Bisnis Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam ( Studi Pada PT . Bandung Eco Sinergi Teknologi )” 10 (02): 1468.

Kurniawati, D., & Hisyam, M. A. (2023). Praktik Jual Beli Furniture Ditinjau Dari Akad Istishna’ Dan Prinsip Etika Bisnis Islam. Jurnal Kaffa, 2(2).

M. Yazid Afandi. (2009). fiqh muamalah (Design Logung (ed.); 1st ed.). Logung Pustaka.

Mujiatun, Siti. 2013. “Jual Beli Dalam Perspektif Islam?: Salam Dan Istisna’.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis 13 (September): 204.

Ningsih, Ermi Widia. 2022. “Penwtapan Harga Penetapan Harga Pada Jual Beli Barang Rungsokan Di Kota Palangka Raya Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.” Braz Dent J.

Randiyah, Ningsih, Nasution Sekolah, Tinggi Agama, and Islam Tapanuli. 2024. “JUAL BELI TERPAKSA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM.” Jurnal Hukum Dan Ilmu-Ilmu Kesyariahan. Vol. 1. https://ejournal.yayasanbhz.org/index.php/Itiqadiah.

Rohman, Abdur. 2018. “MENYOAL FILOSOFI ‘AN TARADIN PADA AKAD JUAL BELI (Kajian Hukum Ekonomi Syariah Dalam Transaksi Jual Beli).” Et-Tijarie: Jurnal Hukum Dan Bisnis Syariah 3 (2): 37–41. https://doi.org/10.21107/ete.v3i2.3911.

Shobirin, Shobirin. 2015. “Jual Beli Dalam Pandangan Islam.” BISNIS?: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 3 (2): 242–44. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i2.1494.

Supraptingsih, Umi. 2012. “Tradisi Mengemis Di Tempat Wisata Religi.” KARSA: Journal of Social and Islamic Culture 18 (2): 174. http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/karsa/article/view/88.

Syaifullah, Syaifullah. 2014. “Etika Jual Beli Dalam Islam.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 11 (2): 380. https://doi.org/10.24239/jsi.v11i2.361.371-387.

Ulum, Misbahul. 2020. “Prinsip-Prinsip Jual Beli Online Dalam Islam Dan Penerapannya Pada e-Commerce Islam Di Indonesia.” Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis 17 (1): 52. https://doi.org/10.34001/jdeb.v17i1.1115.

Wahidin, Ade. 2021. “PRINSIP SALING RELA DALAM TRANSAKSI EKONOMI ISLAM (Tafsir Analitis Surat An-Nisa’ [4] Ayat 29).” Ad Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 116. https://doi.org/10.30868/ad.v2i02.352.

Zamaludin, Abdullah Mubarok, Efri Syamsul Bahri. 2023. “Overview of Buying and Selling in Islam.” Journal of Multi-Disciplines Science (Icecomb) 1 (2): 97. https://doi.org/10.59921/icecomb.v2i1.9.

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

Amelia, A. P. ., & Nahidloh, S. . (2024). Praktik Jual Beli Paksaan di Objek Wisata Religi Batu Ampar Pamekasan Madura Studi Analisis Maqosid Syariah. Jurnal Mediasas: Media Ilmu Syari’ah Dan Ahwal Al-Syakhsiyyah, 7(2), 560–573. https://doi.org/10.58824/mediasas.v7i2.217