Prinsip Akuntansi Syariah dalam Budaya Pata’gal Lita : Telaah Persaksian pada Masyarakat Mandar di Sulawesi Barat
DOI:
https://doi.org/10.58824/mediasas.v7i2.161Keywords:
Akuntansi Syariah; , Pata’gal lita; , Pesaksian; , prinsip, Suku Mandar.Abstract
The problem in this research is the lack of understanding among the Mandar community regarding the system of testimony when engaging in debt transactions, specifically in land pledging, based on Q.S. Al-Baqarah verse 282. The aim of this study is to analyze the Principles of Sharia Accounting within the Pata’gal Lita culture: An examination of testimony among the Mandar community in West Sulawesi. This research employs a qualitative method with a descriptive qualitative type. It applies an ethnographic approach aimed at exploring culture, describing patterns, and interpreting cultural practices. The data collection methods used include interviews and documentation. Based on the research findings, it indicates that there is a discrepancy in the testimony methods used by the Mandar community during land pledging (pata’gal lita). This discrepancy involves the lack of witnesses during transactions and the use of witnesses that do not meet the criteria established in Q.S. Al-Baqarah verse 282.
[Masalah dalam penelitian ini adalah adanya ketidakpahaman masyarakat Suku Mandar dalam menjalankan sistem persaksian saat melakukan kegiatan utang piutang dalam bentuk gadai lahan berdasarkan pada Q.S Al-Baqarah ayat 282. Tujuan dari peneltian ini adalah menganalisis Prinsip Akuntansi Syariah dalam Budaya Pata’gal Lita : Telaah Persaksian pada Masyarakat Mandar di Sulawesi Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menerapkan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk mengeksplorasi budaya, mendeskripsikan pola, serta menginterpretasikan budaya. Metode pengumpulan data yang diterapkan mencakup wawancara dan dokumentasi. Bardasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian metode persaksian yang dilakukan Masyarakat mandar dalam kegiatan gadai lahan (pata’gal lita). Ketidak sesuaian tersebut adalah tidak menggunakan saksi saat transaksi dan penggunaan saksi tidak memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam Q.S Al-Baqarah ayat 282].
Downloads
References
Adhi, K., dan Khoiro, A.M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Adlini, M.N., Dinda, A.H., Yulinda, S., Chotimah, O., dan Merliyana, S.J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. EDUMASPUL:Jurnal Pendidikan, 6(1);974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Al-Qur’an Kemenag Online. (2024). Qur’an Dan Terjemahan. https://quran.kemenag.go.id/.
Chan, D., et al. 2019. The Impact Of Bullying On The Confidence Of Elementary School Student. Jurnal Pendas Mahaka, 4 (2),152-157. https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.347
Fadllan, (2016). Gadai Syariah Lahan Produktif. Jurnal Penelitian Ilmu Sosia dan Keagamaan Islam, 13(1), hhps://doi.org/10.19105/nuansa.v13i1.882
Ilyas, R. (2020). Akuntansi Syariah Sebagai Sistem Informasi. JAS:Jurnal Akuntansi Syariah, 4(2), 209-221. doi: https://doi.org/10.46367/jas.v4i2.254
Iskandar, A. (2017). Sejarah Sosial Perkembangan Hukum Gadai dan Rahn (gadai Syari’ah) di Indonesia. Al-Risalah: Kajian Dan Sosial Kemasyarakatan, 17(8), 163-182. 10.30631/al-risalah.v17i02.62
Iskandar, F.A., dan Irawati, I. (2023). Etnografi Virtual dalam Mengkaji Fenomena Masyarakat Informasi di Media Sosial: Tinjauan Literatur Sistematis. ANUVA, 7(4):679-696. https://doi.org/10.14710/anuva.7.4.679-696
Khair,M.S., dan Faridatunnisa, N. (2023). Persaksian dalam Hutang (Studi Komparatif Qs. Al-Baqarah [2]: 282 Perspektif Tafsir Jalalain Dan Tarjuman Al-Mustafid). ICQS Proceeding Conference The International Conference on Quranic Studies.
Maulina, I. (2022). Sejarah Lahirnya Akuntansi Syariah. Jurnal Investasi Islam, 7(1), 1-13. https://doi.org/10.32505/jii.v7i1.3623
Mughni, J.A. (2019). Analisis Penerapan Akuntansi Syariah Berdasarkan Psak Nomor 102 Pada Pembiayaan Murabahah Di Bmt Al-Ittihad Cikurubuk Tasikmalaya. Eco-Iqtishodi: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1). https://doi.org/10.32670/ecoiqtishodi.v1i1.32
Muliadi D, Setyawan J. (2023). Pengaruh Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Kegiatan Pelaku UMKM (Studi Kasus Pelaku UMKM di Kabupaten Bogor. JAP: Jurnal Akuntansi dan Pajak, 24(1):1-7. http://dx.doi.org/10.29040/jap.v24i1.8130
Murtaza, A., dan Mujab, M.S. (2022). Analisis Ma’n? Cum Maghz? atas Ayat Kesaksian Wanita (Q.S. Al-Baqoroh (2): 282). Prosiding Konferensi Nasional Gender Dan Gerakan Sosial, 1(1);664-672. https://doi.org/10.2022/kggs.v1i01.188
Nurhadi. (2020). Rekontruksi Ayat-Ayat Akuntansi Syariah. Islamika: Jurnal KeIslaman dan Ilmu Pendidikan, 2(2). doi: 10.36088/Islamika.v2i2.784
Prasetyo, F. A. (2021). Analisa Gender Dalam Proses Keberfungsian Sosial Orang Dengan Gangguan Skizofrenia: Studi Kasus Pada Laki-Laki Dan Perempuan Gangguan Skizofrenia Yang Telah Mencapai Keberfungsian Sosial. Jurnal Kesejahteraan Dan Pelayanan Sosial, 2(2). Https://Doi.Org/10.52423/Jkps.v2i2.20735
Rasyid, A. (2020). Kesaksian dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal El-Qanuniv, 6(1), 29-41.10.24952/el-qanuniy.v6i1.2442
Rukmanda, M. R. (2020). Konsep Rahn Dan Implementasinya Di Indonesia. Ecoiqtishodi : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 1-14. https://doi.org/10.32670/ecoiqtishodi.v2i1.362
Shihab, M. Quraish. (2012). Tafsir al-Misbah. Jakarta : Lentera Hati.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
Surepno. (2018). Studi Implementasi Akad Rahn (Gadai Syariah) Pada Lembaga Keuangan Syariah. Tawazun: Journal Of Sharia Economic Law, 1(2), 174-186. http://dx.doi.org/10.21043/tawazun.v1i2.5090
Windatiningsih, D., dan Harlan, D. (2019). Uji Validasi Data Debit Untuk Deteksi Penyimpangan Data Studi Kasus: DAS Citarum Hulu. Jurnal Sumber Daya Air, 152), 121-136. http://dx.doi.org/10.32679/jsda.v15i2.600.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mahlil Mahlil, Erty Rospyana Rufaida, Eni Novitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.