Analisis Pemahaman Guru Terhadap Komponen Proses Pembelajaran Pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang Madrasah Tsanawiah (MTS)

Authors

  • Setiani Setiani
  • Yuni Azura
  • Ridwan Ridwan
  • Muhamad Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.58824/arjis.v1i3.66

Abstract

Interaksi yang edukatif memunculkan adanya proses pembelajaran yang terjadi, yaitu sadar tujuan dari adanya interaksi. Interaksi dimulai dari guru dan secara pedagogis terjadi pembelajaran pada peserta didik, melalui proses yang sistematis seperti tahapan rancangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pentingnya pemahaman guru di dalam proses pembelajaran sehingga penting untuk dipahami, sehingga pendidikan tersebut baik dan berkualitas. Artikel ini bertujuan membahas pemahaman guru terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan kuesioner/angket melalui google form dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemahaman guru yang mengajar PAI maupun yang tidak, memiliki nilai atau skor yang belum maksimal dalam memahami pernyataan ke-4 dan ke-5 dan untuk kondisi eksisting yaitu indikator ke-2

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Setiani, S., Azura, Y. ., Ridwan, R., & Yusuf, M. . (2024). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Komponen Proses Pembelajaran Pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang Madrasah Tsanawiah (MTS). Abdurrauf Journal of Islamic Studies, 1(3), 228–240. https://doi.org/10.58824/arjis.v1i3.66