Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Dapat Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Jenjang MI/SD

Authors

  • Ridhwan M Daud Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58824/arjis.v1i3.62

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya bertujuan agar seseorang mampu memahami dan menyelesaikan permasalahan dalam hidupnya. Permasalahan-permasalahan itu mudah diselesaikan jika seseorang mampu memahami permasalahan tersebut dari berbagai sudut pandang. Model pembelajaran inquiry dan discovery learning merupakan salah satu diantara sekian banyak model-model pembelajaran yang dapat menumbuhkan keterampilan berfikir kritis. Dengan berfikir kritis seseorang mampumenyelesaikan suatu permasalahan dengan banyak cara. Hal ini memberikan manfaat yang besar kepada dirinya dibandingkan dengan orang yang tidak mampu berfikir kritis. Dalam proses pembelajaran keterampilan berfikir kritis dapat ditumbuhkan melalui pembelajaran tematik, latihan-latihan yang memerlukan pemikiran tinggi, pertanyaan-pertanyaan terbukan (opened ended questions) dan model pembelajaran yang ditemani oleh tutor sebaya atau fostering community of learners (FCL).Temayang diberikan kepada siswa pada pembelajaran model FCL ini harus menantang bagi siswa namun sesuai dengan daerah perkembangan kognitif dan bahasa terdekat siswa (Zoneof Proximal Development). Menurut konsep Vygotsky ini pembelajaran terjadi apabila siswa belajar sesuatu yang masih berada pada jangkauan kognitifnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Daud, R. M. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Dapat Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Jenjang MI/SD. Abdurrauf Journal of Islamic Studies, 1(3), 172–191. https://doi.org/10.58824/arjis.v1i3.62